“Mikrotik” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis – Manfaat – Kelebihan – Kekurangan )

Diposting pada

“Mikrotik” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis – Manfaat – Kelebihan – Kekurangan )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini Mikrotik pertama kali digagas pembuatannya pada tahun 1996 oleh dua orang hebat yang bernama John dan Arnis, kedua orang ini berasal dari Negara Moldova tepatnya kota Riga, sebuah negara pecahan Uni Soviet.

Kedua orang tersebut memulai sejarak Mikrotik dengan membangun sebuah perangkat hasil dari perpaduan antara 2 buah sistem operasi “Linux dan MS DOS” dan teknologi Wireless LAN atau WLAN Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps. Nah untuk lebih jelasnya mengenai Mikrotik simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Mikrotik

Mikrotik ialah sebuah sistem operasi jaringan komputer yang memungkinkan untuk dapat digunakan sebagai router dalam jaringan. Mikrotik ialah salah satu sistem operasi atau perangkat lunak yang paling ringan dan simple untuk digunakan.

Mikrotik sendiri memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan sehingga banyak orang yang menggunakannya. Mikrotik sangat baik untuk provider hotspot dan warnet karena kemampuannya dalam mengadministrasi jaringan komputer.

Mikrotik memiliki beberapa fitur yang sangat memudahkan seorang admin jaringan dalam memanajemen sebuah jaringan komputer seperti: Firewall dan NAT, Routing, Hospot, Web Proxy, DHCP dan masih banyak lagi.

Fungsi Mikrotik Pada Jaringan Komputer

Mikrotik menjadi primadona dalam pembuatan router dan administrasi dalam jaringan, kemudahan dan tool yang sederhana membuat mikrotik menjadi pilihan banyak orang, berikut ini ialah fungsi mikrotik dalam jaringan komputer.

Simak Juga :  10 Pokok Pengertian Media Transmisi Data

"Mikrotik" Pengertian & ( Fungsi - Tujuan - Jenis - Manfaat - Kelebihan - Kekurangan )

  • Dapat digunakan sebagai biling hotspot sehingga memudahkan dalam pengkonfigurasian dan pembagian bandwitch pada jaringan.
  • Konfigurasi jaringan internet dapat dilakukan secara terpusat pada mikrotik sehingga memudahkan admin jaringan untuk mengelola jaringan tersebut.
  • Dapat digunakan untuk memblokir situs-situs terlarang yang mengandung konten pornografi dengan menggunakan proxy sehingga tercipta penggunaan internet yang positif.
  • Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server.
  • Pengaturan dan Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan spesifikasi perangkat keras yang sangat rendah.
  • Memisahkan bandwith traffic internasional dan local dan lainnya.

Tujuan Mikrotik

Adapun tujuan dari mikrotik yang diantaranya yaitu:

  • Mikrotik didesain mudah digunakan dan baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer.
  • Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya dan mereka merasa puas dengan hasilnya.

Jenis-Jenis Mikrotik

Adapun jenis-jenis mikrotik yang diantaranya yaitu:

Mikrotik Router OS

Mikrotik Router OS ialah sebuah sistem operasi jaringan berbasis UNIX yang memungkinkan untuk bisa menjadikan komputer biasa mempunyai kemampuan seperti halnya router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lain sebagainya. Sistem operasi ini sangat ringan dan hanya membutuhkan spesifikasi perangkat keras yang rendah untuk bisa menjalankannya.

Untuk itu banyak orang menggunakan sistem operasi ini untuk membangun router pada jaringan mereka kestabilan dan kemudahan yang ditawarkan oleh mikrotik router OS membuat banyak perusahan-perusahaan besar dan lembaga pendidikan berbasis networking menggunakan mikrotik sebagai dasar dan standar untuk router. Nah berikut ini kelebihan yang ditawarkan oleh mikrotik Router OS.

  • Mikrotik Router OS mampu merubah komputer biasa “PC” sebagai router yang handal dan berkwalitas.
  • Berbasis linux sehingga sangat ringan untuk digunakan.
  • Diinstall sebagai sistem operasi.
  • Biasanya diinstall pada power PC.
Simak Juga :  "Kabel UTP" Pengertian & ( Fungsi - Jenis )

Router Board

Router Board ialah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang dikenbangkan oleh mikrotik yang didalamnya terinstall sistem operasi mikrotik Router OS. Router Board seperti halnya komputer tetapi Router Board memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis. Didalam Router Board juga terdapat Processor, RAM, ROM dan memory flash. Pada Router Board juga tersedia mulai low-end sampai dengan hight-end Roter, Product dari mikrotik Router Board yang paling sering kita jumpai dipasaran ialah Mikrotik RB750.

Manfaat Menggunakan Mikrotik

Adapun manfaat menggunakan mikrotik yang diantaranya yaitu:

  • Sebagai Internet Gateway Bagi LAN “Local Area Network”
    Contohnya router mikrotik menghubungkan beberapa jaringan local untuk dihubungkan ke internet. Router mikrotik juga bisa menjadi pengatur lalu lintas data yang masuk maupun keluar. Mikrotik juga mampu mengatur konten dari internet yang dapat diakses oleh client.
  • Sebagai Access Point
    Router mikrotik yang dilengkapi dengan interface wireless dapat berfungsi sebagai access point pada jaringan wifi. Seperti di sekolah, cafe, kampus ataupun jaringan publik kebanyakan menggunakan router mikrotik sebagai access point wifi tersebut.
  • Sebagai Routing
    Routing merupakan fitur utama dalam router mikrotik Routing ini menghubungkan beberapa jaringan dan menentukan jalur terbaik menuju komputer atau alamat tujuan. Contohnya ada tiga kantor cabang A, B dan C router mikrotik mengatur ketiga kantor tersebut supaya terhubung satu dengan yang lain ke dalam internet.

Kelebihan Dan Kekurangan Mikrotik

Adapun kelebihan dan kekurangan mikrotik yang diantaranya yaitu:

Kelebihan Mikrotik

  • Mikrotik memiliki Operating System Kalau tidak salah disebut Router OS Mikrotik yang dibangun dengan core Linux opensource pula yang menyebabkan router ini lebih murah dibanding dengan router lainnya. Dari segi pengoprasiannya Mikrotik tergolong friendly dengan sofware winbox yang dimilikinya. Router OS Mikrotik juga sudah bisa mendeteksi berbagai macam ethernet card dari berbagai vendor yang ada.
Simak Juga :  "Switch" Pengertian & ( Fungsi - Cara Kerja - Macam )

Kekurangan Mikrotik

  • Mikrotik mengeluarkan sertifikasi, namun sertifikasi tersebut masih kurang populer dibanding dengan vendor lain seperti cisco yang sudah diakui international, mungkin kurang bagus untuk menangani jaringan sekala yang besar karena dukungan hardwarenya mungkin kalau salah dikoreksinya.

Demikianlah pembahasan mengenai “Mikrotik” Pengertian & ( Fungsi – Tujuan – Jenis – Manfaat – Kelebihan – Kekurangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: