“Pembangunan Berkelanjutan” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Prinsip – Tujuan )

Diposting pada

“Pembangunan Berkelanjutan” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Prinsip – Tujuan )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini konsep pembangunan berkelanjutan telah lama menyorot perhatian dari berbagai ahli, akan tetapi istilah sutainability atau keberlanjutan baru hadir pada dekade awal lalu sejak Malthus tahun 1798 didasari dari ketersediaan lahan di Inggris akibat ledakan penduduk yang pesat.

Pembangunan berkelanjutan baru mendapat perhatian setelah Meadow dan kawan-kawan tahun 1972 menerbitkan karya tulis berjudul The Limit ti Growth yang mengutarakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan sangat dibatasi oleh ketersediaan sumber daya alam.

Yang dimana dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas, arus barang dan jasa yang dihasilkan dari sumber daya alam tidak akan selalu dapat dilakukan secara terus menerus “on sustainable basis”.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Secara Umum

Pengertian pembangunan berkelanjutan ialah upaya manusia untuk memperbaiki mutu kehidupan dengan tetap berusaha tidak melampaui ekosistem yang mendukung kehidupannya. Dewasa ini masalah pembangunan berkelanjutan telah dijadikan sebagai isu penting yang perlu terus di sosialisasikan ditengah masyarakat.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pembangunan menurut para ahli yang diantaranya yaitu:

Pembangunan Berkelanjutan Menurut Sofyan Effendi

Menurut Sofyan Effendi bahwa pembangunan berkelanjutan ialah suatu proses pembangunan yang pemanfaatan sumber dayanya, arah invesinya, orientasi pengembangan teknologinya dan perubahan kelembagaannya dilakukan secara harmonis dan dengan amat memperhatikan potensi pada saat ini dan masa depan dalam pemenuhan kebutuhan dan aspirasi masyarakat “Wibawa,1991:14”.

Pembangunan Berkelanjutan Menurut Komisi Brundtland

Pengertian pembangunan berkelanjutan menurut Komisi Brundtland yang diartikan bahwa pembangunan berkelanjutan ialah “pembangunan berkelanjutan ialah pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka”.

Pembangunan Berkelanjutan Menurut Ignas Kleden

Definisi dari pembangunan berkelanjutan menurut Ignas Kleden yaitu sebagai jenis pembangunan yang di satu pihak mengacu pada pemanfaatan sumber-sumber alam maupun sumber daya manusia secara optimal dan di lain pihak serta pada saat yang sama memelihara keseimbangan optimal di antara berbagai tuntutan yang paling bertentangan terhadap sumber daya tersebut “yayasan SPES, 1992:XV”.

Pembangunan Berkelanjutan Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009

Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup bahwa arti pembangunan berkelanjutan diartikan sebagai upaya sadar dan terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial dan ekonomi ke dalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

Pembangunan Berkelanjutan Menurut Emil Salim

Menurut Emil Salim bahwa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan atau suistainable development ialah suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat dari sumber daya alam sumber daya manusia, dengan menyerasikan sumber alam dengan menusia dalam pembangunan “yayasan SPES,1992:3”.

Pembangunan Berkelanjutan Menurut President’s Council on Sustainable Development in the United States as “USEPA, 2013”

Berdasarkan President’s Council on Sustainable Development In The United States as “USEPA, 2013” pembangunan yang berkelanjutan merupakan suatu proses perkembangan yang dapat meningkatkan tingkat perekonomian, menjaga kelestarian lingkungan dan keadaan sosial untuk bermanfaatan generasi sekarang dan generasi di masa depan.

Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

Dari berbagai konsep yang ada maka dapat dirumuskan prinsip dasar dari setiap elemen pembangunan berkelanjutan. Dalam hal ini ada empat komponen yang perlu diperhatikan yakni pemerataan, partisipasi, keanekaragaman, integrasi dan perspektif jangka panjang.

Prinsip Pembangunan Yang Menjamin Pemerataan Dan Keadilan Sosial

Pembangunan bertujuan pemerataan dan keadilan sosial yang dilandasi dari meratanya distribusi sumber lahan dan faktor produksi, meratanya peran dan kesempatan perempuan, meratanya ekonomi yang dicapai dengan keseimbangan distribusi kesejahteraan. Namun pemerataan bukanlah hal yang secara langsung dapat dicapai. Pemerataan ialah konsep yang relatif dan tidak secara langsung dapat diukur.

Dimensi etika pembangunan berkelanjutan ialah hal yang menyeluruh, kesenjangan pendapatan negara kaya dan miskin semakin melebar, walaupun pemerataan dibanyak negara sudah meningkat. Aspek etika lainnya ialah prospek generasi masa datang yang dimana pembangunan generasi masa kini patut mempertimbangkan generasi masa datang dalam memenuhi kebutuhannya.

Prinsip Keanekaragaman Hayati Juga Merupakan Dasar Bagi Keseimbangan

Pemeliharaan keanekaragaman hayati ialah prasyarat tersedianya sumber daya alam secara berkelanjutan untuk masa kini dan masa datang sebagai dasar bagi keseimbangan ekosistem. Pemeliharaan keanekaragaman budaya akan mendorong perlakuan yang merata terhadap setiap orang dan membuat pengetahuan terhadap tradisi berbagai masyarakat dapat lebih dimengerti.

Prinsip Pembangunan Yang Menggunakan Pendekatan Integratif

Pembangunan berkelanjutan mengutamakan keterkaitan antara manusia dengan alam. Manusia mempengaruhi alam dengan cara yang bermanfaat atau merusak. Hanya dengan memanfaatkan pengertian tentang kompleksnya keterkaitan antara sistem alam dan sistem sosial. Dengan menggunakan pengertian ini maka pelaksanaan pembangunan yang lebih integratif merupakan konsep pelaksanaan pembangunan yang dapat dimungkinkan, hal ini merupakan tantangan utama dalam kelembagaan.

Prinsip Pembangunan Yang Meminta Perspektif Jangka Panjang

Masyarakat cenderung menilai masa kini lebih dari masa depan,, implikasi pembangunan berkelanjutan merupakan tantangan yang melandasi penilaian ini. Pembangunan berkelanjutan mensyaratkan dilaksanakan penilaian yang berbeda dengan asumsi normal dalam prosedur discounting.

"Pembangunan Berkelanjutan" Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Prinsip - Tujuan )

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Menurut Emil Salim “1990” bahwa tujuan pembangunan berkelanjutan ialah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi manusia. Pembangunan yang berkelanjutan yang pada hakekatnya untuk mencari pemerataan pembangunan antar generasi pada masa kini maupun masa datang.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pembangunan Berkelanjutan” Pengertian & Menurut Para Ahli Serta ( Prinsip – Tujuan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: