“Riset Pasar” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Peran – Fungsi )

“Riset Pasar” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Peran – Fungsi )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini memulai suatu usaha di era modern ini tidaklah semudah menjalankan usaha seperti pada era lampau sebelum terjadinya revolusi teknologi informasi. Memulai usaha tidak bisa lagi mengandalkan kuantitas jumlah produksi dengan harapan seluruh produk akan terjual setelah proses produksi selesai. Kondisi saat ini tidaklah sama, oleh karenanya diperlukan Manajemen pamsaran yang lebih kompleks lagi salah satunya dengan riset pasar.

Pengertian Riset Pasar Dan Tujuannya

Riset pasar merupakan sesuatu yang sangat penting dalam bisnis sebab dengan riset pasar akan diketahui apa saja yang diperlukan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui para pesaing bisnis. Dengan diketahuinya apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan juga pesaing yang ada dapat membuat produk ataupun jasa yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat produk atau jasa dapat bersaing di pasaran.

Dengan riset pasar dapat diketahui pula siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan, dimana produk atau jasa tersebut di butuhkan dan kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan para konsumen. Dan dapat juga diketahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut menurun dari konsumen.

Simak Juga :  "Struktur Modal" Pengertian & ( Komponen - Faktor Yang Mempengaruhi )

Sehingga akan mempermudah saat merencanakan strategi bisnis dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar atau optimal. Bisa dibilang riset pasar ialah otak dalam berbisnis sebab inilah yang menentukan kemana langkah strategi dalam berbisnis.

Jenis Riset Pasar

Terdapat dua jenis riset yang dapat dilakukan apabila akan mengetahui informasi mengenai pasar, jenis riset pasar yaitu:

Riset Primer

Sumber dari riset primer merupakan target pasar atau target riset secara langsung, tujuan riset pasar primer ini yaitu melakukan pengumpulan informasi untuk mengetahui kondisi/keadaan pasar terkini.

Cara yang dilakukan dalam memperoleh data melalui riset primer seperti:

  • Interview/wawancara secara langsung/face to face maupun tidak langsung “melalui telepon/skype/teleconfrence/videocall”.
  • Survey/Observasi.
  • Kuesioner.
  • Melakukan diskusi secara berkelompok dengan anggota terdiri dari sampel konsumen maupun cutomer potensial untuk memperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.

Riset Sekunder

Pada riset sekunder data diperoleh laporan/publikasi/hal yang berkaitan yang telah diterbitkan secara umum. Riset sekunder memiliki tujuan untuk menganalisis data yang telah tersedia yang kemudian menjadi pertimbangan sebuah strategi pemasaran yang jitu.

Peran Dan Fungsi Riset Pasar

Riset pemasaran memainkan dua peranan kunci dalam sistem pemasaran. Pertama riset tersebut merupakan bagian dari proses umpan balik intelijen pemasaran yang menyediakan data-data tentang keefektifan bauran pemasaran saat ini dan memberikan wawasan untuk perubahan yang diperlukan kepada para pengambil keputusan.

Kedua riset pemasaran merupakan alat utama dalam menelusuri peluang baru dipasaran, riset segmentasi dan riset produk baru membantu mengindentifikasi peluang yang paling menguntungkan bagi manajer pemasaran.

Fungsi riset pasar berkaiatan dengan bagaimana pihak manajemen menggunakannya yaitu:

  • Planning “Perencanaan”
    Perencanaan berkaitan dengan menentukan peluang pasar meliputi Segmentation, Demand estimation dan Environmental assessment.
  • Problem Solving “Pemecahan Masalah”
    Riset pasar untuk Problem Solving lebih fokus kepada membuat keputusan jangka pendek dan keputusan jangka panjang, meliputi Product “produk”, Price “Harga”, Place “Tempat” dan Promotion “promosi”.
  • Control “Pengendalian”
    Contorl-Oriented Market Research membantu pihak manajemen untuk menemukan titik masalah dan memonitor proses yang sedang berlangsung “Churcill, 2005”.
Simak Juga :  "Manajemen Kelas" Pengertian & ( Tujuan - Prinsip )

Tujuan Riset Pasar

Adapun menurut Doman “2002”, ada 4 tujuan dasar dan riset pasar yaitu:

"Riset Pasar" Pengertian & ( Tujuan - Jenis - Peran - Fungsi )

Menganalisis Pasar

Riset analisis pasar membantu memperhitungkan potensi pasar untuk produk, jasa atau usaha baru. Analisis pasar dapat memberikan informasi mengenai calon pelanggan, pasar potensial, lokasi usaha dan pesaing.

Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Suatu Produk Atau Jasa

Analisis ini dimaksudkan untuk memperhitungkan potensi produk atau jasa di pasar. Pengkajian bisa dilakukan sebelum suatu produk diperkenalkan. Survei juga bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran atau produk.

Menganalisis Efektivitas Iklan Atau Promosi Dan Perusahaan

Riset ini membantu pemilik perusahaan untuk menyeleksi media periklanan yang paling efektif dan paling cost-effective.

Menyusun Strategi

Pengkajian perencanaan strategis melacak pertumbuhan atau kemerosotan pasar-pasar yang sudah ada dan membantu menemukan produk-produk atau jasa-jasa apa yang akan sukses dalam pasar tersebut, riset perencaan strategis biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.

Demikianlah pembahasan mengenai “Riset Pasar” Pengertian & ( Tujuan – Jenis – Peran – Fungsi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga: