“Scanner” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis )

Diposting pada

“Scanner” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Bila kalian seorang pekerja yang menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kalian sudah banyak mengetahui tentang beberapa perangkat keras yang ada komputer. Tentunya juga kita semua tahu kalau perangkat keras yang ada pada komputer.

Selain memang perangkat keras yang memang sudah ada di dalam komputer tersebut juga ada perangkat keras komputer tambahan yang biasa kita sebut dengan peripheral. Sedikit banyaknya kalian juga sudah mengetahui fungsi perangkat keras tersebut masing-masing.

Pengertian Scanner Secara Umum

Scanner ialah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.

Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

Fungsi Scanner

Seperti yang kita ketahui, scanner memiliki manfaat yang mana sangat membantu kita dalam urusan pemindaian dokumen ataupun foto yang ingin kita simpan ke dalam bentuk digital ataupun menduplikat file yang dipindai tersebut, selain itu scanner memiliki fungsi lain yaitu:

  • Menyalin Berkas
    Fungsi awal scanner ialah untuk menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.
  • Pendokumentasian
    Sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting.
  • Pengelolaan Berkas
    Ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul ialah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah. Dengan scanner setiap berkas dapat dikelola dan diketagorisasikan dengan mudah, ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja.
  • Pengamanan Berkas
    Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja, dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli.

Cara Kerja Dari Scanner

Sebagian besar dari kita pasti pernah berfikir mengenai bagaimana sebenarnya cara kerja dari perangkat yang satu ini. Nah berikut ini ialah cara kerja yang dilakukan oleh scanner yaitu:

  • Gambar yang akan dipindai itu diletakkan berada di atas permukaan kaca pemindai.
  • Sebelum gambar dilakukan pemindaian komputer akan melakukan penentuan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu, jaraknya sudah ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar di kaca pemindai. Ketika scanhead sedang melakukan pergerakan scan menangkap cahaya yang dicerminkan pada area yang dipindai dengan memiliki ketelitian sekitar 1/90.000 inci.
  • Lampu mulai menyala dan motor stepper akan melakukan perputaran untuk menggerakan lampu sampai tepat berada di atas objek.
  • Cahaya lampu yang dipancarkan pada gambar akan segera dipantulkan pada bagian wilayah yang kosong atau memiliki warna putih tentunya akan memantulkan lebih banyak cahaya ketika dibandingkan daerah yang tampak gelap atau memiliki warna, kemudian pantulan yang telah dihasilkan akan diteruskan oleh beberapa cermin menuju lensa scanner.
  • Pada pantulan cahaya tersebut akan bergerak menuju sensor CCD.
  • Sensor CCD akan melakukan pengukuran intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya menjadi tegangan listrik analog.
  • Tegangan analog tersebut akan berubah menjadi nilai digital karena adanya alat pengubah ADC “Analog to Digital”.
  • Sinyal digital yang berasal dari sensor CCD akan dikirim ke logic board dan dikirimkan kembali pada komputer dalam bentuk data digital yang telah menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan.

"Scanner" Pengertian & ( Fungsi - Cara Kerja - Jenis )

Jenis-Jenis Scanner

Sampai saat ini scanner memiliki beberapa jensi dan berikut ini jenis dari scanner yang sering kita temukan diantaranya seperti dibawah ini:

  • Flatbed Scannery merupakan scanner yang memiliki bentuk seukuran dengan kertas folio, sehingga scanner ini seperti mesin fotocopy tetapi dengan ukuran yang kecil.
  • PSC atau Print Scan Copy merupakan suatu perangkat yang memiliki multifungsi diantranya dapat digunakan sebagai scanner, dapat juga digunakan sebagai printer serta bisa digunakan untuk mesin fotocopy.
  • Handy scanner merupakan scanner yang bentuknya postcard yang biasa kita temui pada supermarket ataupun minimarket. Sebab dapat digunakan pada mesin kasir untuk membaca harga barang-barang yang terdapat pada bercode barang tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai “Scanner” Pengertian & ( Fungsi – Cara Kerja – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: