“Teks Berita” Pengertian & ( Struktur – Kaidah – Contoh )

Diposting pada

“Teks Berita” Pengertian & ( Struktur – Kaidah – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Dalam hal ini setiap hari selalu muncul berita baru mengenai peristiwa yang terjadi di dunia ini dan pastinya kalian pernah mendengar suatu berita baik itu melalui media cetak elektronik maupun melalui media lainnya.

Nah untuk kali ini akan membahas mulai dari pengertian, kaidah kebahasaan, struktur teks dan contoh teks berita singkat yang berfungsi agar kalian lebih paham dengan penjelazsan yang disampaikan.

Pengertian Teks Berita

Teks berita ialah teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia yang disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web maupun media yang lainnya. Teks berita berisi fakta tetapi tidak smeua fakta dijadikan berita.

Kita akan mendapat informasi-informasi penting yang bisa menambah wawasan apabila rajin membaca teks berita, sehingga dapat menjadikan kita berfikir secara kreatif, kritis dan efektif terhadap suatu hal. Suatu peristiwa dapat bertahan selama beberapa jam, hari, bahkan tahun. Tergantung seberapa hangat berita tersebut diperbincangkan oleh orang-orang.

Struktur Teks Berita

Umumnya suatu teks mempunyai struktur tertentu, begitu pula dengan teks berita teks ini mempunyai 3 struktur yang saling berhubungan yang kemudian membentuk teks ini secara utuh.

  • Orientasi Berita
    Yaitu berisi pembuka dari peristiwa yang diberitakan di teks tersebut, umumnya tertera penjelasan singkat mengenai berita yang sedang dibahas.
  • Peristiwa
    Yaitu berisi tentang proses kejadian dari awal sampai akhir berdasarkan peristiwa yang terjadi dan menjalaskan berdasarkan fakta yang ada.
  • Sumber Berita
    Yaitu dari mana asal sumber berita tersebut muncul, sumber berita tidak selamanya ditulis dibagian akhir berita.
Simak Juga :  80 Ragam Bahasa Indonesia

Kaidah Kebahasaan

Ciri kaidah kebahasan teks berita yaitu terdapat keterangan, verba perwarta dan verba transitif. Untuk lebih pahamnya silahkan lihat ciri-cirinya dibawah ini:

  • Yang diberitakan merupakan sesuatu yang benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis.
  • Merupakan peristiwa yang jarak terjadi bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari.
  • Aktual yaitu peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi bukan peristiwa lampau.
  • Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa.
  • Bahasa yang disajikan menarik dan dapat memikat minat pembaca.
  • Data yang diberitakan lengkap, khususnya data penting.
  • Waktu dan tempat peristiwa yang jelas.
  • Bahasa mudah dipahami.
  • Bersifat objektif.
  • Alur peristiwa berurutan.
  • Kalimay yang digunakan singkat, padat, jelas.
  • Sumber valid dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Judul berita bisa mewakili isi berita.

Contoh Teks Berita

Kereta anjlok dengan nomor KA 2473 rute Manggarai-Bukit Duri terjadi di antara Stasiun Manggarai-Sudirman, Rabu “6/5/2017” sekitar pukul 16.15 WIB, akibatnya sejumlah perjalanan terganggu.

Kereta relasi Bogor ke Tanah Abang dan Jatinegara dan sebaliknya untuk sementara waktu tidak dapat dilakukan.

Kereta Relasi Bogor dan Bekasi menuju Jakarta Kota sebagian hanya dapat beroperasi sampai Manggarai dan sebagian tetap melanjutkan perjalanan sampai Jakarta-Kota.

“Bagi pengguna jasa yang tidak dapat menunggu dapat melakukan pengembalian tiket pada loket Stasiun dan dimbau untuk menggunakan moda transportasi lain.” kata Humas PT KCJ Eva Chairunnisa melalui keterangan tertulis yang diterima.

"Teks Berita" Pengertian & ( Struktur - Kaidah - Contoh )

Dia juga meminta penumpang memperhatikan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik ke kereta apabila kereta sudah penuh sesak. “Mohon dapat menunggu perjalanan selanjutnya,” ujar Eva.

Demikianlah pembahasan mengenai “Teks Berita” Pengertian & ( Struktur – Kaidah – Contoh ) dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Simak Juga :  "Kata Bilangan ( Numeralia )" Pengertian & ( Jenis - Contoh )

Baca Juga: