“PHP” Pengertian – Jenis & ( Kelebihan – Kekurangan )

“PHP” Pengertian – Jenis & ( Kelebihan – Kekurangan )

DosenPendidikan.Com – Tepatnya tahun 1995, Rasmus Lerdorf mengembangkan bahasa pemerograman PHP dan saat ini dikelola oleh The PHP Group. Selain digunakan untuk pemerograman web dinamis PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

Pengertian PHP

Hypertext Preprocessor atau di singkat PHP ialah suatu bahasa pemerograman yang digunakan untuk membuat web dinamis, walau bisa juga digunakan untuk membuat program lain. Tentunya bahasa pemerograman PHP berbeda dengan HTML, pada PHP Script/kode yang dibuat tidak dapat ditampilkan pada halaman/muka website begitu saja, tapi harus diproses terlebih dahulu oleh web server lalu ditampilkan dalam bentuk halaman website di web browser, Script PHP juga dapat disisipkan pada HTML dan Script PHP selalu diawali dengan<php dan diakhiri dengan?>.

Manajemen database yang biasanya digunakan untuk pemerograman PHP misalnya seperti MySQL, tapi ada juga yang menggunakan Oracle, Microsoft Acces dan lain-lain. PHP disebut juga sebgai bahasa pemerograman script server side, karena PHP di proses pada komputer server.

Jenis/Tipe Data Pada PHP

Berikut ini beberapa jenis/tipe data yang sering digunakan pada bahasa pemerograman php diantaranya:

  • Integer
    Merupakan tipe data PHP berupa bilangan bulat, tipe data ini sering sekali digunakan pada pemerograman PHP khususnya yang berkaitannya dengan bilangan bulat.
  • Float
    Dapat dikatakn juga bilangan berkoma (,) tapi dalam pemerograman tidak menggunakan koma melainkan titik (.).
  • String
    Merupakan tipe data berupa karakter, didalamnya bisa berupa teks atau kata.
  • Boolean
    Merupakan tipe data yang bisa bernilai, True atau False, tipe data boolean biasanya digunakan untuk logika, seperti pada kondisi if atau looping “pengulangan”.
  • Array
    Merupakan kumpulan dari tipe data, didalamnya memiliki banyak nilai, jadi dapat dikatakan array merupakan tipe data yang terdiri dari kumpulan tipe data.
  • Objek
    Tipe daya objek dapat berupa bilangan, fungsi, maupun variable. Tipe data ini digunakan supaya programer terbiasa dengan Objek Oriented Programing “OOP”, sehingga data yang dimasukan pada script program dapat diringkas.
Simak Juga :  "BIOS ( Basic Input Output System )" Pengertian & ( Fungsi - Cara Kerja - Macam )

Kelebihan Dan Kekurangan PHP

Berikut ini beberapa kelebihan bahasa pemerograman PHP misalnya:

  • Banyaknya web server yang mendukung bahasa pemerograman PHP sehingga konfgurasinya semakin mudah, beberapa web server misalnya Apache, IIS, Xitami, Nginx dan lain-lain.
  • Pengembangan bahasa pemerograman PHP tergolong lebih mudah, karena banyak developer yang membantu mengembangkannya maupun menggunakannya.
  • Relatif mudah untuk dipahami, karena sekarang ini banyak sekali tersebar materi-materi/referensi untuk mempelajari PHP.
  • Bahasa pemerograman PHP juga dapat disisipkan kedalam HTML.
  • Cocok digunakan untuk pemerograman web dinamis, walau bisa juga untuk membuat program komputer lainnya.
  • PHP merupakan bahasa pemerograman bersifat, Open Source, sehingga dapat digunakan di banyak sistem operasi komputer dan tentunya gratis.

Berikut beberapa kekurangan bahasa pemerograman php, misalnya:

  • Keamanan yang kurang baik, jika programan tidak memperhatikan keamanan dari program yang dibuatnya.
  • Saat ini untuk encoding kode PHP tergolong sangat mahal, karena membutuhkan tool tertentu.
  • Kurang cocok untuk pengembangan program komputer bersekala besar.

Demikianlah pembahasan mengenai “PHP” Pengertian – Jenis & ( Kelebihan – Kekurangan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: