Proses Metamorfosis Pada Belalang

Diposting pada

Proses Metamorfosis Pada Belalang – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Metamorfosis Belalang yang dimana dalam hal ini meliputi proses, penjelasan, dan gambarnya, agar lebih memahami dan dimengerti simak ulasan dibawah ini.

metamorfosis belalang

A. Pengertian Belalang

Belalang adalah serangga herbivora yang terkenal sebagai hama dengan kemampuan melompat mumpuni (dapat mencapai jarak hingga 20 kali panjang tubuhnya).


Pada umumnya belalang berwarna hijau atau cokelat. Belalang terkait erat secara biologis dengan kecoa dan jangkrik dan masuk dalam kelompok serangga Orthoptera. Saat ini terdapat lebih dari 20.000 spesies belalang.

Liat Juga Materi Tentang : Proses Metamorfosis Pada Kecoa


Klasifikasi Belalang

  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Arthropoda
  • Class : Insecta
  • Order : Orthoptera
  • Suborder : Caelifera
  • Common Name : Grasshopper
  • Scientific Name : Melanoplus differentialis

Tahapan Proses Metamorfosis Pada Belalang

Berikut ini terdapat beberapa proses metamorfosis pada belalang, antara lain sebagai berikut:


1. Proses Telur

Proses Telur Belalang

Belalang betina akan bertelur dan telur-telur terkandung di dalam karung berkulit keras, selalunya melebihi sepuluh, di dalam tanah atau antara daun-daun yang gugur.


Setiap karung mengandungi 10-300 telur yang berbentuk butiran beras. Kemudian, nymph menetas dan menjadi nymph. Telur belalang boleh berada dalam keadaan dorman pada musim luruh dan sejuk, lebih kurang sepuluh bulan, bagi Negara yang mengalami empat musim.

Liat Juga Materi Tentang : Proses Metamorfosis Pada Nyamuk


2. Proses Nimfa

Proses Nimfa Belalang

Sejurus selepas menetas, Nimfa muda (Nimfa instar pertama) mula memakan daun-daun tumbuhan yang lembut dan lembap. Nimfa adalah versi miniatur bagi belalang dewasa, hanya ia berwarna cerah dan tidak mempunyai sayap.


Nimfa mengalami 5-6 kali proses salin kulit dan berubah bentuk dan struktur, sebelum menjadi dewasa. Peringkat ini berlaku selama 5-10 hari, bergantung kepada spesis dan keadaan cuaca, terutama suhu dan kelembapan.


3. Proses Imago (Dewasa Belalang)

Proses Imago (Belalang Dewasa)

Selepas 25-30 hari, sayap lengkap terbentuk dan nymph menjadi matang menjadi dewasa. Tempoh masa perkembangan telur sehingga dewasa, mengambil masa 11 bulan. Belalang dewasa mencapai tempoh matang mengawan selama 15 hari dan hidup selama 30 hari.


Morfologi dan Anatomi Belalang

Morfologi dan Anatomi Belalang

Tubuh belalang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu kepala, dada (thorax) dan perut (abdomen). Belalang juga memiliki 6 enam kaki bersendi, 2 pasang sayap, dan 2 antena.

Liat Juga Materi Tentang : Proses Metamorfosis Pada Katak


Kaki belakang yang panjang digunakan untuk melompat sedangkan kaki depan yang pendek digunakan untuk berjalan. Meskipun tidak memiliki telinga, belalang dapat mendengar.


Alat pendengar pada belalang disebut dengan tympanum dan terletak pada abdomen dekat sayap.


Tympanum berbentuk menyerupai disk bulat besar yang terdiri dari beberapa prosesor dan saraf yang digunakan untuk memantau getaran di udara, secara fungsional mirip dengan gendang telinga manusia. Belalang bernafas dengan trakea.


Belalang punya 5 mata (2 compound eye, dan 3 ocelli). Belalang termasuk dalam kelompok hewan berkerangka luar (exoskeleton). Contoh lain hewan dengan exoskeleton adalah kepiting dan lobster.


Belalang betina dewasa berukuran lebih besar daripada belalang jantan dewasa, yaitu 58-71 mm sedangkan belalang jantan 49-63 mm dengan berat tubuh sekitar 2-3 gram.


Reproduksi Belalang

Reproduksi Belalang

Organ reproduksi belalang jantan disebut dengan nama aedeagus.


Selama proses reproduksi, belalang jantan akan memasukkan spermatophore (satu paket berisi sperma) ke dalam ovipositor belalang betina. Sperma memasuki sel telur melalui saluran halus yang disebut micropyles.

Liat Juga Materi Tentang : Proses Metamorfosis Pada Kupu-Kupu


Setelah telur dibuahi, belalang betina akan menanamkan telur sekitar 1-2 inci di dalam tanah menggunakan ovipositor pada ujung perutnya.


Belalang betina akan bertelur setiap interval 3-4 hari hingga semua telur dikeluarkan. Belalang betina dapat meletakkan hingga ratusan butir selama masa bertelur.

Liat Juga Materi Tentang : Pengertian Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna


Demikianlah pembahasan mengenai Proses Metamorfosis Pada Belalang semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.