“Target Pasar” Pengertian & ( Manfaat – Faktor – Contoh )

“Target Pasar” Pengertian & ( Manfaat – Faktor – Contoh )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Target Pasar yang dimana dalam hal ini meliputi Manfaat, Faktor dan Contoh, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Target Pasar

Target pasar ialah sebuah kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya. Target pasar juga dapat diartikan sebagai sekelompok pembeli yang memiliki sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Untuk menentukan target pasar, perusahaan harus menilai secara hati segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmennya.

Manfaat Target Pasar

Dengan menerapkan target pasar, perusahaan bisa mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix untuk setiap target pasar yang bersangkutan. Target pasar sangat berguna terutama dalam:

  • Memudahkan dalam menyesuaikan produk dan strategi marketing mix “bauran pemasaran” yang dijalankan dengan target pasar.
  • Mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix ” bauran pemasaran”.
  • Dengan melakukan identifikasi bagian pasar yang bisa dilayani secara efektif, perusahaan dapat berada dalam posisi yang lebih baik.
  • Mengantisipasi adanya persaingan.
  • Memanfaatkan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif.
  • Membidik peluang pasar yang lebih luas.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar

Dalam menentukan target pasar terdapat 5 faktor yang wajib diperhatikan sebelum menentukan segmen mana yang akan dituju. Faktor tersebut antara lain ialah sebagai berikut:

Simak Juga :  19 Pengertian, Karakteristik Dan Sifat Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Ukuran Segmen

Perkiraan besarnya segmen yang akan dituju ialah faktor penting untuk memutuskan apakah segmen tersebut cukup menjanjikan untuk ditindak lanjuti. Perusahaan yang besar akan memilih segmen dengan volume penjualan besar dan cenderung menghindari atau menolak segmen yang kecil. Sebaliknya perusahaan kecil menghindari segmen yang besar karena mereka memerlukan sumber daya yang lebih banyak lagi.

Pertumbuhan Segmen

Faktor pertumbuhan segmen juga merupakan salah satu faktor yang wajib diperhatikan dalam menentukan target pasar. Meskipun ukuran sebuah segmen saat ini relatif kecil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang dimasa yang akan datang jika ada tanda-tanda perkembangan yang positif. Karena pada dasarnya segmen kecil ialah segmen pasar yang potensial. Seperti misalnya dahulu tingkat usia 60 tahun ke atas tidak menjadi fokus pasar bago perusahaan. Tetapi saat ini banyak jasa dan produk yang ditawarkan untuk segmen ini “usia 50 tahun keatas”.

Analisis Situasi

Faktor berikutnya yang harus diperhatikan ialah analisis situasi, perusahaan terlebih dahulu wajib melakukan analisis situasi secara teliti dan cermat. Analisis situasi diantaranya berhubungan dengan konsumen, para pemasok dan para distributor. Pada umumnya perusahaan melakukan analisis situasi dengan analisis SWOT.

Sumber Daya Perusahaan

Faktor ke 4 yang harus diperhatikan dalam menentukan target pasar ialah sumber daya perusahaan, Perusahaan mendapat sumber daya dari dalam perusahaan sendiri maupun melalui kerjasama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi dari sumber daya yang didapat dari kerja sama dengan pihak luar yaitu keuntungan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar dapat dilakukan dengan venture atau dengan production sharing.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen

Sebuah segmen harus disesuaikan dengan kegiatan pemasaran perusahaan, jika segmen yang dipilih ternyata tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu untuk dilakukan. Oleh sebab itu identifikasi mengenai segmen yang akan dituju wajib dilakukan dengan teliti. Banyak contoh segmen yang sempat diperkirakan memiliki potensi besar namun ternyata tidak seperti yang diharapkan, sementara perusahaan sudah mengeluarkan biaya yang besar.

Simak Juga :  "Internet Marketing" Pengertian & ( Tujuan - Manfaat - Komponen - Aplikasi )

Contoh Target Pasar

Misalkan kita mempunyai bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasarnya:

  • Produk Yang Dijual
    Pakaian anak-anak, dijual secara online.
  • Target Lokasi
    Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Kota lain di pulau Jawa yang bisa dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 4 hari.
  • Target Demografi Pelanggan
    Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak kecil, dengan usia antara 25-35 tahun, memiliki penghasilan keluarga diatas 4 juta per bulan.
  • Karakteristik Psikologis Pelanggan
    Terbiasa menggunakan komputer, email, internet dan sosial media, mengikuti trend fashion anak, hobi membaca majalah kesehatan anak.

Demikianlah pembahasan mengenai “Target Pasar” Pengertian & ( Manfaat – Faktor – Contoh ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga: