Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta gambar dan Penjelasannya

Diposting pada

Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta gambar dan Penjelasannya DosenPendidikan.Com – Negara indonesia memang dibilang banyak sekali aneka ragam bahasa, suku dan adat istiadat. Dan salah satunya tarian tradisonal di indonesia, Hal ini merupakan nilai-nilai budaya bangsa indonesia yang tidak ternilai harganya. Kita sebagai penerus bangsa indonesia ini harus tetap menjaga dan melestarikannya jangan sampai hilang atau punah ditelan zaman atau bahkan diakui oleh negara lain sebagai budaya miliknya.

Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta gambar dan Penjelasannya

Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta gambar dan Penjelasannya

Berikut penjelasan tentang tarian daerah 34 provinsi beserta gambarnya dan penjelasannya, antara lain:


1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi nanggroe aceh darussalam, antara lain:


a. Tari Seudati

Tari Seudati

  • Tari Seudati mempunyai bentuk penyajian berupa tari kelompok karena tari ini dibawakan sekitar 12 sampai 14 penari laki-laki yang berpakaian putih.
  • Tema tari Seudati adalah tari yang bertemakan peperangan atau bertema heroik karena syair lagu pengiring tari ini membangkitkan semangat pemuda Aceh untuk melawan Belanda.
  • Pada zaman kolonial Belanda, tari Seudati berfungsi sebagai penyemangat pemuda Aceh dalam melawan Belanda sehingga tari ini dilarang pemerintah Belanda masa itu. Sekarang, tari ini masuk ke dalam Kesenian Nasional Indonesia yang berfungsi sebagai tari petunjukan diberbagai acara.
  • Tari Seudati bersifat tarian tradisional kerakyatan. Tari ini berkembang di masyarakat zaman dulu sebagai penyemangat pemuda Aceh dalam melawan penjajah.

b. Tari Saman Meusekat

Tari Saman Meusekat

Fungsi tari Saman yaitu sebagai tari yang dipentaskan di upacara hari besar keagamaan seperti saat maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tari ini juga berfungsi sebagai sarana penyebaran dakwah.


2. Provinsi Sumatera Utara

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sumatera utara, antara lain:


a. Tari Serampang Dua Belas

Tari Serampang Dua Belas

  1. Tari Serampang Dua Belas bentuk penyajian tarinya yaitu tari berpasangan. Bisa disebut tari berpasangan karena penari tari ini dilakukan oleh 2 penari laki-laki dan perempuan.
  2. Tema tari Serampang Dua Belas yaitu bertema erotik atau percintaan. Tari ini berkisah tentang pasangan kekasih yang berusaha mendapat restu dari kedua belah pihak orang tua yang pada akhirnya mendapat restu dari kedua orang tua mereka.
  3. Tari Serampang Dua Belas berfungsi sebagai tari yang ditampilkan dipertunjukan. Tari Serampang Dua Belas memiliki tarian yang indah dan banyak yang menyukai tari ini hingga masyarakat mancanegara.
  4. Sifat tari Serampang Dua Belas adalah kreasi baru. Disebut sebagai tari kreasi baru karena tari ini awalnya berkembang di masa Kesultanan Serdang, tetapi pada tahun 1940 tari ini dimodifikasi oleh Sauti, penciptanya.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: 161 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli


b. Tari Baluse

Tari Baluse

Fungsi dari tari Baluse yaitu sebagai bagian dari rangkaian ritual adat suku Mentawai. Tari ini biasa diakhiri dengan tradisi loncat batu setinggi 4 meter.


c. Tari Tor-Tor

Tari Tor-Tor

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.


3. Provinsi Sumatera Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sumatera barat, antara lain:


a. Tari Piring

Tari Piring

  1. Bentuk penyajian tari piring yaitu tari kelompok. Tari ini disebut tari kelompok karena tari ini dilakukan oleh 10-20 penari tari Piring. Penari tari Piring memakai kostum adat Minangkabau dengan membawa piring di kedua tangannya.
  2. Tari Piring bertema erotik atau bertema pergaulan. Tari ini bertema tari pergaulan karena tari Piring menceritakan tentang kehidupan masyarakat Minangkabau yang penuh dengan kebersamaan.
  3. Pada zaman dulu, tari Piring berfungsi sebagai tari yang dipentaskan dalam bersyukur kepada dewa-dewa atas hasil panen yang melimpah. Tetapi, kini tari Piring berfungsi sebagai hiburan masyarakat.
  4. Sifat dari tari Piring adalah tari tadisional kerakyatan karena tari ini berkembang sejak zaman masyarakat dahulu. Gerak tari ini tidak berubah, namun hanya berubah fungsi dari tari untuk memuja dewa menjadi tari untuk hiburan masyarakat.

b. Tari Payung

Tari Payung

Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.


4. Provinsi Riau

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi riau, antara lain:


a. Tari Joget Lambak

Tari Joget Lambak

  1. Bentuk penyajian tari Joget Lambak adalah tari kelompok. Tari ini disebut tari kelompok karena tari ini dipentaskan oleh sekelompok laki-laki dan perempuan yang menari sembari berbalas pantun.
  2. Tari Joget Lambak bertemakan pergaulan/erotik. Tari ini disebut tari pergaulan karena tari ini bertema pemuda dan pemudi yang mencari jati dirinya. Pemuda dan pemudi tersebut mencari pertemanan atau persahabatan melalui perantara tari Joget Lambak.
  3. Tari Joget Lambak berfungsi sebagai hiburan. Tari ini berfungsi sebagai tari hiburan karena tari ini dibawakan dengan apik dan gerakannya yang bisa dilakukan oleh masyarakat banyak yang membuat tari ini berfungsi sebagai hiburan masyarakat.
  4. Sifat dari tari Joget Lambak adalah tarian tradisional kerakyatan karena tari ini berkembang di masyarakat pada masa kerajaan Melayu Riau-Lingga dan berlanjut sebagai tari tradisi di masyarakat Riau.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Pengertian Serta 8 Fungsi Pranata Pendidikan Bagi Kehidupan


b. Tari Makan Sirih

Tari Makan Sirih

Fungsi dari tari Makan Sirih adalah sebagai tari pertunjukan yang dipentaskan pada saat menyambut tamu terhormat atau tamu besar misalnya dari pejabat negara seperti presiden.


5. Provinsi Kepulauan Riau

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kepulauan riau, antara lain:

a. Tari Tandak

Tari Tandak

  1. Bentuk penyajian dari tari Tandak adalah tari kelompok. Disebut tari kelompok karena tari ini dilakukan oleh 2 kelompok pria dan wanita yang berbalas pantun lalu membentuk lingkaran.
  2. Tari Tandak bertemakan pergaulan atau erotik. Tari Tandak menceritakan tentang masalah dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Riau.
  3. Tari Tandak berfungsi sebagai tari yang dipentaskan sebagai tari yang bertujuan untuk menghibur masayarakat atau merupakan tari hiburan. Tari ini dilakukan masyarakat Riau untuk bersenang-senang menghibur diri.
  4. Sifat tari tandak yaitu tari tradisional kerakyatan. Tari ini berkembang di masyarakat Riau zaman dulu yang masih berlanjut hingga sekarang. Oleh karena itu, tari ini disebut tari tradisional kerakyatan.

6. Provinsi Jambi

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi jambi, antara lain:


a. Tari Rantak Kudo

Tari Rantak Kudo

  1. Bentuk penyajian dari tari Rantak Kudo adalah tari kelompok. Tari ini dibawakan oleh kelompok penari yang terdiri dari penari laki-laki dan penari perempuan dengan memakai pakaian adat khas Provinsi Jambi.
  2. Tema dari tari Rantak Kudo adalah pantomim. Disebut pantomim karena gerakan dalam tari Rantak Kudo menghentak-hentakan kaki seperti kuda / kudo dalam bahasa Kerinci.
  3. Fungsi tari Rantak Kudo yaitu sebagai tari yang dipentaskan di upacara adat tertentu di Kabupaten Kerinci. Tari Rantak Kudo dipersembahkan oleh masyarakat Kerinci atas hasil panen yang melimpah. Selain itu, pada saat masyarakat Kerinci dilanda musim kemarau yang panjang, tari ini juga dilaksanakan untuk meminta hujan.
  4. Tari Rantak Kudo bersifat tari tradisional klasik. Tari ini disebut tari tradisonal klasik karena tari ini banyak dipentaskan di upacara-upacara adat. Tari yang dipentaskan untuk upacara adat/keagamaan merupakan cirri tari tradisional klasik.

b. Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih

Fungsi dari tari Sekapur Sirih yaitu sebagai tari pertunjukan. Tari ini disuguhkan masyarakat Jambi untuk menyambut tamu kebesaran seperti kepala daerah atau kepala Negara.


c. Tari Selampir Delapan

Tari Selampir Delapan

Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.


7. Provinsi Sumatera Selatan

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sumatera selatan, antara lain:


a. Tari Tanggai

Tari Tanggai

  1. Bentuk penyajian tari Tanggai adalah tari kelompok.Tari ini dibawakan oleh 5 orang penari perempuan dengan kostum khas Provinsi Sumatera Selatan.
  2. Tema dari Tari Tanggai adalah erotik atau pergaulan karena. Tari ini memberikan informasi kepada masyarakat luar daerah Sumatera Selatan bahwa masyarakat Sumatera Selatan adalah orang yang ramah dan pandai bergaul kepada pendatang.
  3. Fungsi dari Tari Tanggai yaitu sebagai tari pertunujkan. Tari Tanggai sebagai tari pertujukan karena tari Tanggai berfungsi sebagai tari penyambut tamu kehormatan yang dating ke Sumatrea Selatan, khususnya Palembang.
  4. Sifat dari tari Tanggai yaitu tari tradisional kerakyatan. Tari ini disebut sebagai tari tradisional kerakyatan karena tari ini tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat Provinsi Sumatera Selatan.

b. Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan.


8. Provinsi Bangka Belitung

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi bangka belitung, antara lain:


a. Tari Campak

Tari Campak

  1. Bentuk penyajian tari Campak yaitu tari berpasangan. Tari Campak merupakan tari berpasangan karena tari inni dibawakan oleh dua orang penari laki-laki dan perempuan yang menarikan tari Campak secara bersamaan dibarengi dengan berbalas pantun.
  2. Tema dari tari Campak adalah erotik/percintaan karena jika lelaki kalah berbalas pantun, maka wanita itu menjadi pasangannya. Tari ini juga merupakan alternatif untuk mencari jodoh bagi yang belum mempunyai kekasih.
  3. Fungsi dari tari Campak yaitu sebagai hiburan dan rangkaian upacara adat. Tari Campak berfungsi sebagai tari untuk menghibur masyarakat terutama orang yang belum mempunyai jodoh. Tari ini juga dipentaskan saat pulang/akan memanen padi.
  4. Tari Campak bersifat kreasi baru karena perpaduan budaya tradisional kerakyatan dengan budaya tradisional klasik. Terbukti dengan penari laki-lakinya yang berkostum budaya daerah Bangka Belitung dan penari perempuan yang kostumnya dipengaruhi budaya barat.

9. Provinsi Bengkulu

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi bengkulu, antara lain:


a. Tari Andun

Tari Andun

  1. Bentuk penyajian tari Andun adalah tari berpasangan karena tari Andun terdiri dari sepasang muda mudi laki-laki dan perempuan yang menari bersama dengan memakai baju adat daerah Bengkulu.
  2. Tema tari Andun dari provinsi Bengkulu adalah erotik / percintaan karena tari Andun menceritakan sepasang pria dan wanita yang sedang mencari pasangan hidupnya melalui tari Andun.
  3. Fungsi dari tari Andun adalah sebagai rangkaian dari prosesi tanam padi dan sebagai hiburan masyarakat Bengkulu karena setelah menanam padi maka masyarakat Bengkulu akan meminta do’a agar hasil panennya melimpah. Selain itu, tari Andun juga berfungsi sebagai sarana penghibur masyarakat.
  4. Tari Andun bersifat tarian tradisonal kerakyatan karena tari ini muncul di tengah-tengah masyarakat zaman dahulu untuk mencari jodoh ataupun hanya sekedar hiburan. Selain itu, tari ini dibawakan berpasangan dan tari yang dibawakan merupakan salah satu cirri tari tradisional kerakyatan.

b. Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.


10. Provinsi Lampung

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi lampung, antara lain:


a. Tari Melinting

Tari Melinting

  1. Bentuk penyajian dari tari Melinting adalah tari yang dilakukan oleh sekitar 5-8 orang penari laki-laki maupun perempuan yang memakai kostum adat dari Provinsi Lampung.
  2. Tema dari tari Melinting adalah erotik atau pergaulan karena tari ini berisi masalah yang sering ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Fungsi dari tari Melinting adalah sebagai hiburan karena tari Melinting pada awalnya diciptakan oleh Ratu Melinting dan hanya dipentaskan oleh anggota kerajaan seperti putri dan putra ratu Melinting. Tetapi sekarang, tari Melinting banyak digunakan sebagai tari dalam perlombaan.
  4. Tari Melinting bersifat tari tradisional klasik karena tari ini dibuat di lingkungan kerajaan Ratu Melinting dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika gerak tari ini dimodifikasi. Peninggalan berupa kostum asli buatan Ratu Melinting yang berusia ratusan tahun.

b. Tari Jangget

Tari Jangget

Tari Jangget, adalah tarian untuk upacara-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.


11. Provinsi Banten

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi banten, antara lain:


a. Tari Rampak Bedug

Tari Rampak Bedug

  1. Bentuk penyajian tari Rampak Bedug adalah tari kelompok. Berbentuk penyajian tari kelompok karena tari ini terdiri dari 5 penari laki-laki dan 5 penari perempuan professional yang mengenakan baju pesilat khas Banten. Tari ini diiringi oleh beberapa alt musik, salah satunya bedug.
  2. Tema dari tari Rampak Bedug adalah erotik atau pergaulan. Tari ini bertema pergaulan karena menceritakan kebersamaan masyarakat Banten dalam melaksanakan ibadah maupun menyambut datangnya bulan suci.
  3. Fungsi dari tari Rampak Bedug yaitu sebagai hiburan karena tari ini dibuat untuk menghibur masyarakat Banten sekaligus memberi pesan agar kita melaksanakan ibadah pada waktunya.
  4. Tari Rampak Bedug bersifat tari kreasi baru. Disebut tari kreasi baru karena berbagai unsur dalam tari ini telah dimodifikasi dari yang semula tari kerakyatan digabung dengan unsur tari klasik oleh Haji Ilen sehingga menjadi tari kreasi baru.

12. Provinsi DKI Jakarta

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi dki jakarta, antara lain:


a. Tari Topeng Betawi

Tari Topeng Betawi

  1. Bentuk penyajian tari Topeng Betawi adalah tari kelompok. Bentuk penyajian tari Topeng Betawi dibawakan oleh 5-8 penari yang memakai kostum adat dari Provinsi  DKI Jakarta membawa topeng dengan cara digigit agar topeng tersebut tidak jatuh dari muka penari.
  2. Tema dari tari Topeng Betawi adalah tergolong erotik atau pergaulan karena tema yang diangkat dalam tari ini biasanya yaitu kritik masyarakat terhadap masalah sosial kemiskinan pada masa penjajahan Belanda.
  3. Fungsi dari tari Topeng Betawi yaitu sebagai upacara adat masyarakat betawi sebagai tarian untuk menolak bala. Pada masa kini, tari ini sering digunakan utuk menghibur masyarakat atau memeriahkan acara pernikahan. Sekarang tari ini sudah jarang digunakan untuk menolak bala.
  4. Tari Topeng Betawi bersifat tari tradisional klasik karena gerak dalam tari Topeng Betawi lebih estetis dan topeng yang digunakan pun sudah digunakan turun-temurun dari generasi ke generasi.

13. Provinsi Jawa Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi jawa barat, antara lain:


a. Tari Jaipong

Tari Jaipong

  1. Bentuk penyajian dari tari Jaipong adalah tari kelompok. Tari Jaipong adalah tari kelompok yang dibawakan oleh beberapa penari perempuan yang memakai kostum tari Jaipong yang khas baju Provinsi Jawa Barat.
  2. Tema dari tari Jaipong adalah erotik atau pergaulan. Tari ini bertema erotik atau pergaulan karena tari ini menceritakan pergaulan masyarakat Jawa Barat dalam kehidupan kesehariannya.
  3. Fungsi dari tari Jaipong yaitu sebagai hiburan karena tari Jaipong biasa digelar untuk menghibur masyarakat. Selain itu, tari Jaipong juga berfungsi sebagai tari penyambut tamu karena tari ini sering digunakan pemerintah Jawa Barat untuk menyambut tamu kebesaran dari dalam dan luar negeri.
  4. Tari Jaipong bersifat tari kreasi baru. Tari Japong disebut sebagai tari kreasi baru karena tari ini merupakan pengembangan dari tari Ketuk Liu dan tari Jaipong masa kini sudah banyak mengalami modifikasi di luar sepengetahuan pembuatnya, Gugum Gumbira.

14. Provinsi Jawa Tengah

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi jawa tengah, antara lain:


a. Tari Bedhaya

Tari Bedhaya

  1. Bentuk penyajian dari tari Bedhaya adalah tari kelompok. Tari Bedhaya dibawakan oleh 9 orang penari perempuan yang belum menikah memakai baju dan selendang kuning. Tari ini sangat sakral karena konon, jika tari ini dipentaskan, maka Nyi Roro Kidul akan berada dipentas tari ini untuk melihatnya.
  2. Tema dari tari Bedhaya adalah erotik atau percintaan karena tari ini menceritakan kehidupan perempuan yang mencari pasangan hidupnya.
  3. Fungsi ari tari Bedhaya yaitu sebagai tari untuk hiburan, terutama untuk menghibur raja Keraton Surakarta pada masa dahulu. Namun, sekarang tari ini bisa ditonton oleh masyarakat luas. Selain untuk hiburan, biasanya tari ini juga dipentaskan untuk merayakan hari kelahiran putra pejabat daerah.
  4. Tari Bedhaya bersifat tari tradisional klasik. Tari ini bersifat tari tradisional klasik karena tari ini muncul dan berkembang dilingkungan kesultanan Kraton Surakarta dan tarian ini merupakan tarian istimewa yang estetis dan mewah yang diperuntukan untuk kalangan atas.

15. Provinsi DI Yogyakarta

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi di yogyakarta, antara lain:


a. Tari Serimpi Yogyakarta

Tari Serimpi Yogyakarta

  1. Bentuk penyajian dari tari Serimpi Yogyakarta adalah tari berkelompok. Tari ini terdiri dari 4 orang penari perempuan yang memakai baju yang dinamakan kain seredan. Jumlah penari tari Serimpi melambangkan 4 arah mata angin dan 4 elemen yang ada di dunia, yaitu api, udara, air, dan tanah.
  2. Tema dari tari Serimpi Yogyakarta adalah heroic atau perang karena tari ini menceritakan pertikaian yang tidak pernah kunjung berhenti yaitu pertikaian antara baik dan jahat yang mana ini merupakan filsafat hidup adat ketimuran.
  3. Fungsi dari tari Serimpi Yogyakarata adalah tari yang ditujukan untuk menghibur raja di kesultanan keraton Yogyakarta pada masa dahulu. Namun, sekarang tari ini juga bisa disaksikan oleh wisatawan yang berkunjung ke keraton. Selain itu, tari ini juga biasa dipentaskan saat upacara adat di keraton.
  4. Tari Serimpi Yogyakarta bersifat tari tradisional klasik karena tari ini mulai muncul pada saat kejayaan kerajaan Mataram Islam saat pemerintahan Sultan Agung. Semenjak Kerajaan Mataram terbelah, tari ini ikut berkembang di lingkungan Keraton Yogyakarta sebagai tarian yang sakral.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Pengertian Budaya Lengkap Dengan Wujud Dan Komponennya


16. Provinsi Jawa Timur

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi jawa timur, antara lain:


a. Tari Gandrung

Tari Gandrung

  1. Bentuk penyajian dari tari Gandrung Banyuwangi dalah tari tunggal karena tari ini dibawakan oleh seorang penari perempuan yang memakai kostum khas dari daerah Banyuwangi dan membawa kipas ditangannya. Tari ini dapat berubah menjadi berpasangan apabila salah seorang penonton maju ke depan dan ikut menari.
  2. Tema dari tari Gandrung adalah erotik atau pergaulan. Tema tari ini erotik atau pergaulan karena tari inni menggambarkan betapa terpesonanya masyarakat agraris Blambangan kepada Dewi Sri.
  3. Tari Gandrung berfungsi sebagai tari yang dipentaskan untuk hiburan masyarakat karena tari ini memperbolehkan msyarakat untuk ikut menari bersama penari tari Gandrung.
  4. Tari ini bersifat tari tradisional kerakyatan karena tari ini muncul dan berkembang di masyarakat Banyuwangi pada masa dulu. Selain itu, faktor yang membuat tari ini disebut tari kerakyatan karena tari ini lebih leluasa berinteraksi dengan masyarakat.

17. Provinsi Bali

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi bali, antara lain:


a. Tari Pendhet

Tari Pendhet

  1. Bentuk penyajian dari tari Pendhet adalah tari kelompok karena tari ini dibawakan oleh beberapa penari perempuan pada umumnya yang membawa bokor yang berisi bunga ditangannya.
  2. Tema dari tari Pendhet adalah erotik atau pergaulan. Tari Pendhet bertema pergaulan karena tari ini menggambarkan masyarakat dahulu yang bersuka cita menyambut kelahiran Dewata yang lahir ke dunia.
  3. Fungsi dari tari Pendhet adalah tari upacara keagamaan karena tari ini banyak digelar di altar pura pada saat upacara keagamaan agama Hindu. Tapi seiring berjalannya waktu, tari ini sekarang juga digunakan sebagai tari yang dipentaskan untuk menyambut tamu kehortmatan seperti presiden..
  4. Tari Pendhet bersifat tari tradisional klasik karena tari ini banyak dipentaskan pada saat upacara adat dan keagamaan umat Hindu di Bali dan ini merupakan salah satu ciri tari klasik.

18. Provinsi Kalimantan Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kalimantan barat, antara lain:


a. Tari Monong

Tari Monong

  1. Bentuk tari penyajian dari tari Monong  yaitu tari berkelompok karena tari ini sering dilakukan masyarakat di Kalimantan Barat. Penarinya campuran dari laki-laki dan perempuan.
  2. Tema tari monong adalah heroik. Bisa disebut heroik karena tari ini menggambarkan seseorang yang menyembuhkan salah seorang suku yang sedang jatuh sakit.
  3. Fungsi dari tari Monong adalah tarian untuk upacara adat. Tari Monong ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang dapat menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam tubuh penderita. Dalam tarian ini penari bertindak seperti seorang dukun dengan menggunakan jampi-jampi.
  4. Sifat dan sejarah tari Monong yakni tradisional kerakyatan . Bisa disebut kreasi baru karena tarian ini sudah lama berkembang di Kalimantan Barat dan dijadikan tarian untuk menyembuhkan penyakit yang ada dalam tubuh.

19. Provinsi Kalimantan Tengah

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kalimantan tengah, antara lain:


a. Tari Tambun dan Bungai

Tari Tambun dan Bungai

  1. Bentuk penyajian tari ini adalah kelompok. Tari ini dilakukan oleh sekelompok perempuan.
  2. Tema tari ini adalah pantomim karena tari ini dikisahkan oleh cerita Tambun dan Bungai adalah saudara dari ayah mereka yang merupakan adik-kakak.
  3. Fungsi tari ini yaitu upacara adat. Tari ini bisa disebut tari upacara adat karena tari ini digunakan masyarakat Kalimantan Tengah untuk memanggil hujan dan mengusir hama tani dan kebun.
  4. Sifat dari tari ini yaitu tari tradisional kerakyatan karena tariTambun dan Bungai muncul dicerita rakyat dari Kalimantan Tengah. Tari ini juga merupakan tari kerakyatan karena tari ini berfungsi sebagai tari hiburan rakyat.

20. Provinsi Kalimantan Selatan

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kalimantan selatan, antara lain:


a. Tari Baksa Kembang

Tari Baksa Kembang

  1. Bentuk penyajian dari tari ini adalah kelompok. Tari ini sering ditarikan oleh kaum wanita di Kalimantan Selatan.
  2. Tema dari tarian ini erotik. Tarian ini disebabkan adanya putri raja yang memberikan setangkai bunga untuk seorang pangeran.
  3. Fungsi tarian ini adalah tari pertunjukan  untuk menyambut tamu-tamu kehormatan atau kerabat-kerabat kerajaan.
  4. Tari Baksa kembang bersifat tari tradisional klasik. Tari ini disebut tari tradisional klasik karena tari ini muncul dan berekmbang pada masa kerajaan Daha pada awal abad 15 masehi.

21. Provinsi Kalimantan Timur

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kalimantan timur, antara lain:


a. Tari Gong

Tari Gong

  1. Bentuk penyajian tari ini yaitu tunggal. Tari ini ditarikan oleh kaum wanita. Tarian ini
  2. Tema tari ini adalah pantomim. Tari ini menggambarkan kelemah-lembutan seorang gadis bagai sebatang padi yang meliuk-liuk lembut ditiup oleh angin.
  3. Fungsi tari ini adalahtari pertunjukan. Bisa disebut tari pertunjukan karena tari gong merupakan tari yang khusus untuk dipentaskan saat acara-acara daerah atau lomba tari.
  4. Tari gong bersifat sebagai tari tradisional klasik. Tari ini disebut tari tradisional klasik karena tari ini memiliki tari yang elastic dan mewah yang merupakan cirri dari tari tradisional klasik.

Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Pengertian Fungsi Dan Tujuan Wawasan Nusantara


22. Provinsi Kalimantan Utara

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi kalimantan utara, antara lain:


a. Tari Radab Rahayu

Tari Radab Rahayu

  1. Bentuk penyajian dari tari ini adalah kelompok karena tari ini dilakukan oleh penari campuran(laki-laki perempuan).
  2. Tema tari ini dalah pantomim. Tari ini merupakan tari sakral yang dikisahkan dari peristiwa di mana kapal Prabu Yaksa berisi patih Lambung Mangkurat yang pulang berkunjung dari kerajaan Majapahit.
  3. Fungsi tarian ini sebagai tari upacara adat. Bisa sebagai tari upacara adat karena tari ini biasa ditarikan pada saat upacara adat sebagai penolak bala. Tari ini juga biasa dipentaskan pada acara perkawinan dan kematian.
  4. Tari Radab Rahayu bersifat tari tradisional klasik. Bisa disebut tari tradisional klasik karena tari ini berkembang di lingkungan kerajaan Lumbung Mangkurat.

23. Provinsi Sulawesi Utara

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi utara, antara lain:

a. Tari Maengket

Tari Maengket

  1. Bentuk penyajian tari ini kelompok. Tari ini dilakukan oleh penari campuran (laki-laki dan perempuan). Tarian ini biasanya ditampilkan 20 sampai 30 orang.Tarian ini hanya ditampilkan saat sedang panen padi di ladang
  2. Tema tari ini adalah erotik. Tari ini menggambarkan tentang mengenal pertanian terutama menanam padi di ladang.
  3. Fungsi dari tari ini adalah tari upacara keagamaan. Tari ini berfungsi sebagai upacara keagamaan karena tari ini dipentaskan untuk berdoa kepada tuhan atas hasil panen yang diberikan.
  4. Tari Maengket bersifat tari tradisional kerakyatan. Bisa disebut tari tradisional kerakyatan karena tari ini sudah ada dimasyarakat minahasa. Tari ini dibuat untuk merayakan hasil panen yang melimpah.

24. Provinsi Gorontalo

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi utara, antara lain:


a. Tari Sarode

Tari Sarode

  1. Bentuk penyajian tari ini kelompok. Tari ini dilakukan oleh penari perempuan yang memakai baju khas dari Gorontalo.
  2. Tema tari ini yaitu erotik. Tari ini bertema erotik karena tari ini dilakukan oleh pengantin ketika pengantin akan dikalungkan selendang oleh pengantin pria.
  3. Fungsi tari ini yaitu untuk mengiringi suatu pengantinan yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo. Tari ini sebagai tari hiburan rakyat. Tari ini sering dipentaskan pada acara pernikahan dan khitan.
  4. Tari sarode bersifat tari tradisional kerakyatan. Tari ini disebut Tari tradisional kerakyatan karena muncul di Gorontalo sebagai tari rakyat yang mengiringi pernikahan.

25. Provinsi Sulawesi Tengah

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi tengah, antara lain:


a. Tari Dero

Tari Dero

  1. Bentuk penyajian dari tari Dero adalah tari kelompok karena tari ini dibawakan oleh ratusan bahkan ribuan penari atau disebut tarian massal yang ditarikan oleh penari laki-laki dan perempuan yang memakai kostum adat daerah.
  2. Tema dari tari Dero adalah erotik atau pergaulan karena tari ini menceritakan masyarakat Kabupaten Poso yang ramah terhadap tamu maupun dalam kehidupan sehari-harinya yang penuh gotong royong dan kebersamaan.
  3. Fungsi dari tari Dero adalah tari adat karena tari Dero dipentaskan  pada saat upacara adat di Poso yaitu pada saat menjelang musim panen.
  4. Tari Dero bersifat tari tradisional kerakyatan karena tari ini dipentaskan oleh masyarakat Poso sebagai tarian masyarakat. Tari ini juga muncul dan berkembang di masyarakat Poso sebagai tari wujud rasa syukur.

26. Provinsi Sulawesi Selatan

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi selatan, antara lain:


a. Tari Pakarena

Tari Pakarena

  1. Bentuk penyajian dari tari Pakarena adalah tari kelompok karena tari ini dibawakan oleh setidaknya 4 penari perempuan dengan memakai baju yang terdapat kipas ditangannya.
  2. Tema dari tari Pakarena adalah pergaulan. Tari ini bertemakan pergaulan karena tari ini menceritakan masyarakat desa Gantarang yang memberi ucapan pada penduduk langit atau biasa disebut botting langi atas jasanya mengajari penduduk lino (bumi) dalam berbagai memenuhi kebutuhan hidupnya.
  3. Fungsi dari tari Pakarena adalah sebagai tari ritual/upacara adat karena tari ini digunakan sebagai tari yang digelar pada upacara adat masyarakat desa Gantarang. Tari ini juga berfungsi sebagai tari yang digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih masyarakat terhadap pemimpinnya.
  4. Tari Pakarena bersifat tari tradisional klasik. Disebut tari tradisional klasik karena tari Pakarena memiliki gerak tari yang estetis dan terkesan mewah karena menggambarkan keindahan bidadari.

27. Provinsi Sulawesi Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi barat, antara lain:


a. Tari Patuddu

Tari Patuddu

  1. Bentuk penyajian dari tari Patuddu adalah tari kelompok karena tari Patuddu dibawakan oleh 14 penari  laki-laki dan perempuan remaja  yang memakai baju adat dari Sulawesi Barat. Warna baju pada tari Patuddu didominasi oleh warna merah, kuning, dan biru.
  2. Tema dari tari Patuddu adalah pantomim. Tari ini disebut tari pantomim karena tari ini menggambarkan/menirukan kelembutan wanita Mandar. Selain itu, tari ini juga menggambarkan angin sepoi-sepoi.
  3. Fungsi dari tari Patuddu adalah tari yang digunkan sebagai hiburan. Tari ini berfungsi sebagai tari yang digunakan untuk menghibur raja di lingkungan kerajaan dan digelar di lantai istana.
  4. Tari Patuddu bersifat tari tradisional klasik. Tari ini bersifat tari tradisional klasik karena tari Patuddu merupakan tari yang hidup di lingkungan  istana kerajaan dan ini merupakan salah satu ciri tari tradsional klasik.

28. Provinsi Sulawesi Tenggara

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi tenggara, antara lain:


a. Tari Lulo Alu

Tari Lulo Alu

  1. Bentuk penjian dari tari Lulo Alu adalah tari kelompok karena tari ini dibawakan oleh 12 penari. Delapan penari bertindak seolah menumbuk padi dan 4 penari memerankan proses penapisan gerabah.
  2. Tema yang dikandung oleh Tari Lulo Alu adalah erotik atau pergaulan. Tari ini menggambarkan pergulan masyarakat Buton yang saling gotong royong dalam mengadakan ritual adat
  3. Fungsi dari tari Lulo Alu adalah sebagai tari upacara adat karena tari Lulo Alu digelar/dipentaskan saat upacara adat masyarakat Buton dalam berterima kasih kepada Tuhan atas hasil panen.
  4. Tari Lulo Alu bersifat tari tradisional kerakyatan karena tari Lulo Alu muncul di masyarakat Buton sebagai tari yang dipentaskan oleh masyarakat Buton.

29. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi nusa tenggara barat, antara lain:


a. Tari Nguri

Tari Nguri

  1. Bentuk penyajian dari tari Nguri adalah tari kelompok. Tari ini berbentuk penyajian tari kelompok karena tari ini dibawaka oleh beberapa penari perempuan yang memakai baju adat Sumbawa dengan seperti sayap dibagian kanan dan kiri baju penari.
  2. Tema dari dari tari Nguri adalah erotik atau pergaulan karena tari ini menceritakan tentang masyarakat yang berempati terhadap raja Sumbawa yang kala itu sedang bersedih.
  3. Fungsi dari tari Nguri adalah tari yang digunakan sebagai tarian adat karena tari Nguri sering dipentaskan pada upacara persembahan suku di Sumbawa.
  4. Tari Nguri bersifat tari tradisional klasik. Tari Nguri disebut tari tradisional klasik karena tari ini muncul dan hidup dilingkungan kerajaan dan lingkungan suku di Sumbawa.

30. Provinsi Nusa Tenggara Timur

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi nusa tenggara timur, antara lain:


a. Tari Caci

Tari Caci

  1. Bentuk penyajian tari ini yaitu berpasangan. Tari ini dilakukan oleh laki-laki yang membawa pecut dengan tanpa baju dan mengenakan sarung.
  2. Tema tari ini yaitu heroik. Tari ini menggambarkan suatu suku yang  sedang dalam penyerangan dan ada seorang yang menyelamatkan suku itu.
  3. Fungsi tari ini adalah upacara adat. Tari caci dari sejak dahulu telah diturunkan secara turun temurun, dan menjadi sebuah tradisi serta ritual yang diperuntukkan untuk arwah para leluhur.
  4. Tari Caci bersifat tari tradsional klasik. Tari ini disebut tari klasik karena tari Caci merupakan tari yang digelar pada saat upacara adat dan ini merupakan salah satu ciri tari tradisional klasik yaitu tari yang digelar untuk upacara adat.

31. Provinsi Maluku

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi maluku, antara lain:


a. Tari Lenso

Tari Lenso

  1. Bentuk penyajian dari  tari Lenso paling sering adalah tari kelompok yang dilakukan secara beramai-ramai saat ada pesta pernikahan maupun panen lada. Selain berkelompok, tari ini juga sering dimainkan berpasangan bagai kaum muda mudi yang mencari jodoh.
  2. Tema dari tari Lenso adalah erotik atau percintaana karena tari ini menceritakan tentang cinta seorang pemuda yang diterima oleh pujaan hatinya.
  3. Fungsi dari tari Lenso dalah tari hiburan karena tari ini biasa diadakan saat acara-acara besar seperti pesta pernikahan, pesta hasil panen yang melimpah, maupun menyambut tamu untuk menghibur orang yang hadir dalam acara tersebut.
  4. Tari Lenso bersifat tari tradisional kerakyatan karena tari Lenso berkembang dan muncul di masyarakat daerah Maluku dan Minahasa sebagai ajang hiburan maupun sarana mencari pasangan hidup.

32. Provinsi Maluku Utara

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi maluku utara, antara lain:


a. Tari Perang

Tari Perang

  1. Bentuk penyajian tari ini yaitu berkelompok tetapi bergantian. Tari ini digelar oleh laki-laki.
  2. Tema tarian ini melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat. Tarian ini biasanya dibawakan oleh masyarakat pegunungan. Digelar ketika kepala suku memerintahkan untuk berperang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat.
  3. Fungsi tarian ini adalah tari upacara adat. Tari ini banyak dipentaskan pada upacara adat yang menceritakan tentang peperangan.
  4. Tari Perang bersifat tari tradisional klasik. Tari ini bersifat klasik karena pada masa dahulu tari ini muncul di lingkungan kerajaan sebagai tari yang digunakan untuk menghibur raja maupun untuk mengobar semangat para pejuang masa dulu.

33. Provinsi Papua Barat

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi papua barat, antara lain:


a. Tari Selamat Datang

Tari Selamat Datang

  1. Bentuk penyajian tari ini adalah tari kelompok. Tari ini biasa dilakukan oleh penari laki-laki dan perempuan.
  2. Tema tari ini yaitu erotik. Tari ini sering ditarikan saat ada pengunjung mancanegara atau non mancanegara masuk ke Papua.Tari ini menyambut para turis mancanegara dengan senang hati dan gembira.
  3. Tari ini berfungsi sebagai tari pertunjukan. Bisa disebut tari pertunjukan karena tari ini biasanya dipentaskan untuk menyambut para tamu kehormatan yang datang ke pulau Papua.
  4. Tari Selamat Datang bersifat tari tradisional kerakyatan. Biasa disebut tari kerakyatan karena tari ini diciptakan oleh masyarakat Papua tari untuk menyambut tamu kehormatan yang datang maupun sebagai tari penghibur masyarakat Papua.

34. Provinsi Papua

Berikut daftar nama tarian yang berasal dari provinsi sulawesi utara, antara lain:


a. Tari Perang Papua

Tari Perang Papua

  1. Bentuk penyajian tari ini yaitu berkelompok tetapi bergantian. Tari ini digelar oleh laki-laki.
  2. Tema tarian ini melambangkan kepahlawanan dan kegagahan rakyat Papua. Tarian ini biasanya dibawakan oleh masyarakat pegunungan. Digelar ketika kepala suku memerintahkan untuk berperang, karena tarian ini mampu mengobarkan semangat.
  3. Tari Perang Papua berfungsi sebagai tari upacara adat. Tari ini berfungsi sebagai yang dipentaskan pada upacara adat di Papua Barat maupun Papua yang dahulu biasa digunakan untuk mengobarkan semangat berperang.
  4. Tari Perang Papua bersifat tari tradisional kerakyatan. Tari Perang Papua disebut sebagai tari tradisional kerakyatan karena tari ini muncul di tengah-tengah masyarakat suku pedalaman papua sebagai tari penyemangat para pejuang maupun sebagai tontonan masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta gambar dan Penjelasannya ini semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂