“Tax Amnesty” Pengertian & ( Tujuan – Jenis )

Diposting pada

“Tax Amnesty” Pengertian & ( Tujuan – Jenis )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Tax Amnesty yang dimana dalam hal ini meliputi Tujuan dan Jenis, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tax Amnesty

Tax amnesty atau pengampunan pajak ialah kebijakan pemerintah di bidang perpajakan yang memberikan penghapusan pajak yang seharusnya terutang dengan membayar tebusan dalam jumlah tertentu yang bertujuan untuk memberikan tambahan penerimaan pajak dan kesempatan bagi wajib pajak yang tidak patuh menjadi wajib pajak patuh. Penerapan tax amnesty diharapkan akan mendorong peningkatan kepatuhan sukarela wajib pajak di masa yang akan datang “Devano, 2006:137”.

Tujuan Tax Amnesty

Pengampunan pajak diharapkan menghasilkan penerimaan pajak yang selama ini belum atau kurang  dibayar, disamping meningkatkan kepatuhan membayar pajak. Meningkatnya kepatuhan tersebut juga merupakan dampak dari makin efektifnya pengawasan karena semakin akuratnya informasi mengenai daftar kekayaan wajib pajak.

Tujuan tax amnesty atau pengampunan pajak ialah “Darusalam, 2015”:

  • Meningkatkan Penerimaan Pajak Dalam Jangka Pendek
    Permasalahan penerimaan pajak yang stagnan atau cenderung menurun sering kali menjadi alasan pembenar diberikannya tax amnesty. Hal ini akan berdampak pada keinginan pemerintah untuk memberikan tax amnesty dengan harapan pajak yang dibayar oleh wajib pajak selama program tax amnesty akan meningkatkan penerimaan pajak.
  • Meningkatkan Kepatuhan Pajak Dimasa Yang Akan Datang
    Kepatuhan pajak merupakan salah satu penyebab pemberian tax amnesty. Para pendukung tax amnesty umumnya berpendapat bahwa kepatuhan suka rela akan meningkat setelah program tax amnesty dilakukan. Hal ini didasari pada harapan bahwa setelah Program tax amnesty dilakukan wajib pajak yang sebelumnya menjadi bagian dari sistem administrasi perpajakan, maka wajib pajak tersebut tidak akan bisa mengelak dan menghindar dari kawajiban perpajakannya.
  • Mendorong Repatriasi Modal Atau Aset
    Kejujuran dalam pelaporan sukarela atas data harta kekayaan setelah program tax amnesty merupakan salah satu tujuan pemberian tax amnesty. Dalam konteks pelaporan, data harta kekayaan tersebut, pemberian tax amnesty juga bertujuan untuk mengembalikan modal yang parkir diluar negeri tanpa perlu membayar pajak atas modal yang diparkir di luar negeri tersebut. Pemberian tax amnesty atas pengembalian modal yang diparkir di luar negeri ke bank di dalam negeri dipandang perlu karena akan memudahkan otoritas pajak dalam meminta informasi tentang data kekayaan wajib pajak kepada bank didalam negeri.
  • Transisi Ke Sistem Perpajakan Yang Baru
    Tax amnesty dapat dijustifikasi ketika tax amnesty digunakan sebagai alat transisi menuju sistem perpajakan yang baru.
Simak Juga :  "Kemasan" Pengertian & ( Fungsi - Tujuan - Jenis )

Jenis-Jenis Tax Amnesty

Sawyer “2006” menyebutkan beberapa tipe pengampunan pajak “tax amnesty” yaitu:

  • Filling Amnesty
    Pengampunan yang diberikan dengan menghapuskan sanksi bagi wajib pajak yang terdaftar namun tidak pernah mengisi SPT “non-filers” pengampunan diberikan jika mereka mau mulai untuk mengisi SPT.
  • Record-Keeping Amnesty
    Memberikan penghapusan sanksi untuk kegagalan dalam memelihara dokumen perpajakan di masa lalu, pengampunan diberikan jika wajib pajak untuk selanjutnya dapat memelihara dokumen perpajakannya.
  • Revision Amnesty
    Ini merupakan suatu kesempatan untuk memperbaiki SPT di masa lalu tanpa dikenakan atau diberikan pengurangan sanksi. Pengampunan ini memungkinkan wajib pajak untuk memperbaiki SPT-nya yang terdahulu “yang menyebabkan adanya pajak yang masih harus dibayar” dan membayar pajak yang tidak ” missing” atau belum dibayar “outstanding”, wajib pajak tidak akan secara otomatis kebal terhadap tindakan pemeriksaan dan penyidikan.
  • Investigation Amnesty
    Pengampunan yang menjanjikan tidak akan menyelidiki sumber penghasilan yang dilaporkan pada tahun-tahun tertentu dan terdapat sejumlah uang pengampunan “amnesty fee” yang harus dibayar. Pengampunan jenis ini juga menjanjikan untuk tidak akan dilakukannya tindakan penyidikan terhadap sumber penghasilan atau jumlah penghasilan yang sebenarnya. Pengampunan ini sering dikenal dengan pengampunan yang erat dengan tindak pencucian “laudering amnesty”.
  • Prosecution Amnesty
    Pengampunan yang memberikan penghapusan tindak pidana bagi wajib pajak yang melanggar undang-undang, sanksi dihapuskan dengan membayarkan sejumlah kompensasi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tax Amnesty” Pengertian & ( Tujuan – Jenis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Simak Juga :  "Ekonomi Moneter" Pengertian & ( Tujuan - Ruang Lingkup - Konsep Dasar )