“Transaksi” Pengertian & ( Jenis – Contoh – Bukti )

Diposting pada

“Transaksi” Pengertian & ( Jenis – Contoh – Bukti )

DosenPendidikan.Com – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Transaksi yang dimana dalam hal ini meliputi Jenis dan Bukti, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Transaksi

Transaksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan yang dimiliki baik itu bertambah ataupun berkurang. Misalnya menjual harta, membeli barang, membayar hutang, serta membayar berbagai macam biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dalam transaksi terdapat administrasi transaksi, adapun yang dimaksud dengan administrasi disini ialah suatu kegiatan untuk mencatat perubahan keuangan seseorang atau organisasi yang dilakukan secara teliti serta menggunakan metode-metode tertentu.

Jenis-Jenis Transaksi

Setelah kita memahami mengenai pengertian transaksi baik itu transaksi keuangan ataupun transaksi bisnis. Kini kita akan membahas mengenai jenis-jenis transaksi yang ada pada kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari transaksi yang dilakukan suatu perusahaan dibagi menjadi 2 “dua” jenis yakni:

Transaksi Internal

Transaksi internal merupakan sebuah transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Yakni transaksi yang hanya melibatkan personalia yang terdapat di dalam sebuah perusahaan saja. Transaksi internal lebih menekankan perubahan posisi keuangan yang terjadi dibagian dalam perusahaan. Misalnya, memo dari pimpinan kepada seseorang pegawai, perubahan nilai keuangan karena kemuduran perusahaan, penggunaan perlengkapan kantor. Transaksi keuangan dibuat dan juga dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri.

Transaksi internal juga bisa diartikan sebagi bukti pencatatan atas kegiatan-kegiatan yang terjadi di dalam  perusahaan itu sendiri yang berhubungan dengan posisi keuangan perusahaan tersebut. Contohnya seperti: penghapusan tanggungan hutang sebuah sektor usaha suatu perusahaan dan lainnya.

Simak Juga :  6 Pengertian Hukum Pajak Menurut Para Ahli Beserta Fungsinya

Transaksi Ekternal

Transaksi eksternal merupakan sebuah transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan. Yakni transaksi yang melibatkan orang laur atau organisasi luar. Transaksi eksternal juga bisa diartikan sebagai bukti pencatatan atas kegiatan-kegiatan yang terjadi pada perusahaan yang berhubungan dengan pihak luar dari perusahaan tersebut. Seperti misalnya: transaksi penjualan, pembelian, pembayaran hutang piutang dan lain-lain.

Bukti Transaksi

Bukti transaksi ialah suatu dokumen asli yang menjadi alat untuk merekam seluruh transaksi yang terjadi. Bukti transaksi menjadi bukti yang autentik terjadinya suatu transaksi. Bukti transaksi tersebut terdiri dari faktur, nota, kwitansi dan cek.

Bukti transaksi dapat dibedakan sesuai dengan kejadiannya, transaksi yang terjadi di perusahaan terdiri dari:

  • Transaksi intern,, ialah transaksi yang terjadi didalam perusahaan.
  • Transaksi ekstern,, ialah transaksi yang terjadi dengan pihak di luar perusahaan.

Kedua kejadian transaksi tersebut otomatis akan merubah terhadap posisi harta, kewajiban dan modal pada perusahaan. Perubahan tersebut tentu akan mempengaruhi keseimbangan dalam persamaan dasar akuntansi.

Demikianlah pembahasan mengenai “Transaksi” Pengertian & ( Jenis – Contoh – Bukti ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:


Simak Juga :  "Kinerja" Pengertian & ( Faktor - Karakteristik - Indikator )