Penelitian – Karakteristik, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya

Diposting pada

Penelitian – Karakteristik, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Penelitian yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, karakteristik, tujuan, unsur dan jenisnya, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Penelitian - Karakteristik, Tujuan, Unsur, dan Jenisnya

Pengertian Penelitian

Penelitian atau riset sering digambarkan sebagai proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, rajin dan sistematis, yang mempunyai maksud untuk menemukan, menafsirkan, dan merevisi fakta-fakta.


Penyelidikan intelektual menghasilkan pengetahuan lebih dalam tentang suatu peristiwa, perilaku, teori, dan hukum, serta peluang untuk aplikasi praktis dari pengetahuan itu.


Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan koleksi informasi yang komprehensif tentang topik tertentu, dan umumnya berhubungan dengan hasil ilmu atau metode ilmiah. Kata ini diserap dari penelitian kata Inggris berasal dari bahasa Perancis yang secara harfiah berarti (menyelidiki secara menyeluruh).


Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian penelitian menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:


1. Menurut Cooper dan Emory, 1995

Penelitian adalah proses atau kegiatan dalam penyelidikan sistematis yang bertujuan untuk memberikan informasi untuk memecahkan masalah.


2. Menurut Suparmoko, 1991

Penelitian adalah bisnis yang sengaja diarahkan untuk mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru serta distribusi keinginan manusia untuk tahu.


3. Menurut Soerjono Soekanto

Penelitian adalah kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis dan konsisten dan bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi dari keinginan manusia untuk mengetahui apa yang di tangan.


4. Menurut Sanapiah Faisal

Berpendapat bahwa penelitian adalah kegiatan untuk memeriksa masalah dengan menggunakan metode ilmiah dalam cara yang teratur dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru bahwa kebenaran diandalkan tentang dunia alam dan dunia sosial.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : “Metode Penelitian Kualitatif” Pengertian Menurut Para Ahli & ( Ciri – Tujuan )


5. Menurut Sutrisno Hadi

Penelitian adalah usaha untuk menemukan apa pun untuk mengisi kesenjangan atau gap, menggali lebih dalam apa yang sudah ada, untuk mengembangkan dan memperluas, dan untuk menguji kebenaran dari apa yang sudah ada, tapi sebenarnya masih diragukan.


6. Menurut Donald Ary

Penelitian ini adalah penerapan pendekatan ilmiah untuk penilaian masalah dalam memperoleh informasi yang berguna dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.


7. Menurut John

Menurut sebuah studi pencarian fakta adalah metode tujuan yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta dan menghasilkan hukum tertentu.


8. Menurut Parson

Mengungkapkan bahwa penelitian ialah suatu pencarian atas segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencariannya dilakukan pada masalah-masalah yang dapat dipecahkan dengan penelitian.


9. Menurut Woody

Mengungkapkan bahwa penelitian adalah metode menemukan berpikir kritis. Penelitian ini meliputi penyediaan definisi dan redefinisi masalah, merumuskan hipotesis atau melakukan uji coba sangat hati-hati untuk kesimpulan yang ditarik dalam menentukan apakah kesimpulan seperti yang konsisten dengan hipotesis.


10. Menurut Hill Way

Disajikan dalam buku Pengantar untuk Penelitian yang mendefinisikan bahwa penelitian adalah metode penelitian yang mendalam dan penuh kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya pada isu tertentu untuk membuat pemecahan masalah.


11. Menurut Winarno Surachmad

Adalah kegiatan penelitian ilmiah mengumpulkan pengetahuan baru dari sumber primer, dengan penekanan pada penemuan tujuan prinsip-prinsip umum, serta memegang ramalan generalisasi di luar sampel yang diteliti.


Unsur-Unsur Penelitian

Langkah-langkah penelitian yang dimaksud ialah mulai dari pernyataan masalah, pengumpulan data dan penyusunan hipotesis sampai dengan penarikan kesimpulan dan melaporkan hasilnya. Penelitian memiliki unsur-unsur sebagai berikut :


1. Unsur Penemuan

Berarti berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang mengisi kekosongan atau kekurangan.


2. Unsur Pengembangan

Berarti memperluas dan menganalisis lebih dalam apa yang telah ada. Dalam hal ini seseorang sudah pernah meneliti sesuatu. Objek tertentu, Akan tetapi hasilnya belum memuaskan; sehingga hasil penelitian tersebut masih perlu dikembangkannya.


3. Unsur pengujian Kebenaran

Ini diartikan sebagai mengetes hal-hal yang masih diragukan kebenarannya.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : 10 Pengertian Metodologi Penelitian Menurut Para Ahli


4. Unsur Pemecahan Masalah

Dalam hal ini dimaksudkan untuk membuat pemecahan apabila dalam penelitian didapat berbagai masalah.


Karakteristik Penelitian

Karakteristik Penelitian adalah sebagai berikut:


1. Bersifat ilmiah

Selalu mampu mengikuti prosedur dan menggunakan bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta-fakta yang diperoleh secara objektif.


2. Penelitian

Penelitian adalah proses yang berjalan terus-menerus dan terus menerus, karena hasil penelitian selalu dapat disempurnakan.


3. Memberikan Kontribusi

Yaitu studi harus memiliki unsur kontribusi / nilai tambah. Jadi harus ada sesuatu yang baru yang ditambahkan ke penelitian ilmu yang ada.


4. Analitis

Yaitu sebuah penelitian yang dilakukan harus dibuktikan dan dijelaskan dengan menggunakan metode ilmiah dan ada hubungan kausal antara variabel.


Syarat Penelitian

Persyaratan penting dalam melakukan penelitian adalah sebagai berikut :


1. Sistematis

Dilaksanakan berdasarkan pola tertentu, dari yang paling sederhana sampai yang kompleks dengan urutan yang baik, sampai tujuan dicapai dengan efektif dan efisien.


2. Terencana

Dilaksanakan karena unsur kesengajaan serta sebelumnya dikonsep oleh pelaksanaan adanyalangkah-langkah.


3. Mengikuti aturan ilmiah

Yaitu, dari awal sampai akhir kegiatan atau penelitian kegiatan megikuti langkah-langkah yang telah ditentukan atau juga sudah menetapkan bahwa prinsip yang digunakan untuk dapat memperoleh pengetahuan.


Tujuan Penelitian

Tujuan Peneliatian adalah sebagai berikut :


1. Eksploratif (Penjajagan)

Adalah studi yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah ada.


2. Verifikatif (Pengujian)

Adalah studi yang tujuannya adalah untuk melakukan tes pada teori atau penelitian sebelumnya, sehingga akan diperoleh hasil dapat digunakan untuk membatalkan atau memperkuat teori penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.


3. Development (Pembangunan)

Adalah studi yang tujuannya adalah untuk mengembangkan, menggali dan memperluas lebih dalam masalah atau teori ilmiah juga menjadi lebih sebagai sarana pemecahan berbagai masalah di masyarakat.

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : Administrasi Perkantoran – Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Unsur, & Fungsinya


Sikap Seorang Peneliti

Sikap yang harus dimiliki oleh seseorang peneliti, antara lain :


1. Objektif

  • Bahwa seorang peneliti harus dapat memisahkan pendapat pribadi kenyataan atau fakta.

2. Kompeten

  • Yang merupakan seorang peneliti yang baik harus memiliki kemampuan untuk dapat melakukan penelitian dengan menggunakan metode serta teknik penelitian tertentu.

3. Faktual

  • Para peneliti harus melakukan studi berdasarkan fakta atau kenyataan yang diperoleh, bukan harapan, obsesi atau khayalan Berdasarkan yang abstrak.

Jenis-Jenis Penelitian

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis penelitian, antara lain sebagai berikut:


1. Klasifikasi Penelitian berdasarkan Bidang Ilmu

Ada bermacam-macam bidang ilmu dan jika penelitian dilakukan untuk bidang ilmu tertentu maka ragam penelitian yang dilakukan disebut sesuai dengan bidang ilmu tersebut. Dengan demikian ditinjau berdasarkan bidang-bidang ilmu yang ada penelitian dapat dibedakan menjadi :

  • penelitian pendidikan,
  • penelitian kedokteran,
  • penelitian keperawatan,
  • penelitian kebidanan,
  • penelitian ekonomi,
  • penelitian pertanian,
  • penelitian biologi,
  • penelitian sejarah, dst.

2. Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Pendekatan yang Dipakai

Berdasarkan pendekatan yang dipakai, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Masing-masing pendekatan tersebut memiliki paradigma, asumsi, karakteristik sendiri- sendiri. Kedua pendekatan penelitian tersebut dapat dilakukan dengan cara simultan dan saling mengisi sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat diwujudkan proses penelitian yang komprehensif.


3. Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tempat Pelaksanaannya :

Penelitian     dapat     dilakukan     diberbagai           tempat,      yaitu diperpustakaan, lapangan, laboratorium atau gabungan dari tempat- tempat tersebut. Atas dasar tinjauan tersebut penelitian dibedakan menjadi :

  • penelitian     perpustakaan     (library     research),
  • penelitian  laborartorium    (laboratory research),
  • penelitian lapangan (field research)

4. Klasfikasi Penelitian Ditinjau berdasarkan Pemakaiannya

Hasil penelitian dapat dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi terori serta memecahkan masalah. Atas dasar tinjauan ini penelitian dapat dibedakan menjadi :


  • Penelitian penelitian murni (pure research atau basic research)

Penelitian murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan dengan maksud hasil penelitian tersebut dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi teori-teori.


  • Penelitian terapan (applied research).

Penelitian terapan adalah ragam penelitian dimana hasilnya diterapkan berkenaan dengan upaya pemecahan masalah .


5. Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tujuan Umumnya

Berdasarkan tujuan umumnya, penelitian dibedakan menjadi : penelitian eksploratif, penelitian pengembangan, dan penelitian verifikatif.

  • Penelitian eksploratif, adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengekplorasi fenomena yang menjadi sasaran penelitian.
  • Penelitian pengembangan (developmental research), adalah penelitian yang dilakukan untuk mengembangan suatu konsep atau prosedur
  • Penelitian verifikatif, merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan membuktikan kebenaran suatu teori pada waktu dan tempat

Baca Artikel Terkait Tentang Materi : Akuntansi – Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis dan Peran


6. Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Tarafnya

Penelitian ditinjau berdasarkan tarafnya dibedakan menjadi dua, yaitu penelitian deskriptif dan penelitian analitik. Penelitian deskriptif merupakan penelitian pada taraf mendiskripsikan variable yang diteliti tanpa dilakukan analisis dalam keterkaitannya dengan variable lainnya.


Sedangkan jika penelitian dilakukan bukan sekadar mendiskripsikan variable penelitian tetapi dilakukan analisis dalam hubungannya dengan variable-variabel lainnya disebut penelitian analitik.


7. Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Metode

Berdasarkan metode yang dipakai, penelitian dibedakan menjadi penelitian longitudinal dan penelitian cross-sectional. Penelitian longitudinal (longitudinal research) adalah penelitian yang dilakukan dengan metode longitudinal (longituninal method), yaitu metode penelitian yang membutuhkan waktu yang lama, berbulan-bulan bahkan bertahun, secara berkesinambungan.


Sedangkan penelitian cross-sectional (cross-sectional research) merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode cross-sectional (cross-sectional method), yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengambil waktu tertentu yang relative pendek dan tempat tertentu.


8. Klasifikasi    Penelitian    Berdasarkan    Intervensi    terhadap Variabel

Penelitian dapat dilakukan di mana peneliti melakukan intervensi atau perlakuan terhadap variable tertentu.


Jika tindakan tersebut dilakukan maka penelitian semacam itu tergolong penelitian eksperimen. Sebaliknya jika tidak dilakukan intervensi terhadap variabel maka penelitian tersebut tergolong penelitian eksperimen.


Demikian Pembahasan Tentang Penelitian – Karakteristik, Tujuan Unsur, dan Jenisnya Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat Setia Dosenpendidikan.Com … 😀